Hubungan antara Radang Tenggorokan dan Pajak

Hubungan antara Radang Tenggorokan dan Pajak

Oleh:

Bobby Savero

Ga sangka lho, ternyata yang namanya radang tenggorokan juga dapat memaksa gue berpikir keras, karena menyinggung kredibilitas Direktorat Jenderal Pajak, Departemen Keuangan, dan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia. Ga percaya? Gini deh, gue bakal ceritain pengalaman gue waktu kena radang tenggorokan sekitar 2 minggu yang lalu.

Gue mulai batuk-batuk setelah lebaran. Ceritanya ada kumpul-kumpul keluarga di vila om gue di puncak, mungkin karena dingin yang teramat sangat, gejala flu yang mulai berkibar, dan selama puasa gue hampir selalu makan sahur pake nasi padang mulailah batuk-batuk itu muncul. Begitu liburan usai, dan gue kembali ke Tangerang untuk mengabdi pada negara (hahaha...lebay!), ternyata pancaroba menunjukkan kesaktiannya. Panas yang luar biasa menyengat mentahbiskan radang tenggorokan untuk gue derita.

Batuk gila itu semakin edan. Ga kenal waktu. Lagi kerja, lagi santai, lagi mandi, lagi buang air, lagi nonton tv, lagi mau tidur, bangun tidur (kalo lu nanya ke gue, trus pas tidur ga batuk? Ga usah gue jawab ya, ya wong namanya lagi tidur mana gue tau...hehehe), intinya mah aktivitas sangat terganggu. Berhubung gaji gue bulan oktober dipotong banyak gara-gara gue ga masuk 6 hari akibat cacar dua bulan yang lalu, plus kebutuhan lebaran yang banyak dan ga diduga mulailah gue dipaksa berpikir keras untuk pertama kalinya. Apakah dengan uang yang udah siaga satu ini, gue harus dateng ke dokter dengan kemungkinan keluarnya uang dengan nilai signifikan dari goresan tangan pak dokter di atas resep.

Tapi karena batuknya ga juga reda setelah gue beli obat batuk a******* warna ijo yang lumayan mahal, akhirnya gue putuskan untuk tetap dateng ke dokter. Pulang jumatan, gue sempetin mampir ke dokter di salah satu rumah sakit swasta ternama di Tangerang. Karena waktu cacar gue udah pernah berobat di sana, makanya kali ini gue ga ribet sama urusan administrasi. Tinggal daftar aja trus langsung dianterin ke dokternya. Si pak dokter ga pake nanya gue sakit apa langsung aja maen periksa. Kemudian gue berpikir keras lagi, apa iya ni dokter sama sekali ga niat nanya gue ngerasain apa, atau nanya gejala apa kek gt. Soalnya setau gue satu-satunya dokter yang tidak menggunakan metode tanya-jawab saat memeriksa pasien hanyalah dokter hewan. Apa iya gue udah dikira hewan?

Maka untuk memastikan sama pak dokter, kalo gue bukan hewan, tanpa diminta gue langsung jelasin,

”gini dok, jadi mulai batuk-batuk sejak lebaran trus ga berhenti-berhenti dan semakin parah...blablabla...”

Dokternya manggut-manggut aja, malah nanya yang lain,

“bagus juga nih sholat jumat pake baju ini...(baju batik-red).”

“ah, engga kok dok. Kebetulan aja, di kantor emang hari Jumat seragamnya ini.”

“Ooo...begitu tho, emang adek kerja di mana?”

Nah, di sinilah petakanya dimulai!! Sayangnya gue ga nyadar.

“di kantor pajak deket kantor walikota itu dok (dok di sini bukan kodok tapi ini emang panggilan gue kalo ketemu dokter-red)..”

“Ooo...pajak!” (wajah si dokter berubah)

Dan kemudian dia bertanya hal yang tidak diduga-duga,

“Mas, lunasi pajaknya awasi penggunaannya kan ya?”

“Iya dok...” (masih polos menjawab)

“Cara mengawasinya gimana mas?”

“Hmmm....” (terdiam beberapa saat. God!! gue jadi inget, kawan gue di KPP Pratama Banyuwangi juga pernah ditanyain beginian sama wajib pajak. Tapi gue ketawain aja. Gue ga pernah berpikir kalo suatu waktu bakal ditanya kayak gini juga. Gue ngerti sih maksud slogan itu, tapi cara ngejelasinnya yang sulit!)

(Berpikir keras mode on)

Beberapa saat kemudian gue sadar bahwa jawaban atas pertanyaan ini juga merupakan bentuk pelayanan prima kepada wajib pajak. Makanya, daripada si dokter kecewa ga bisa memperoleh jawaban dari aparat pajak yang masih ingusan ini, akhirnya dengan segenap keberanian dan secuil pengetahuan gue coba nerangin,,

“Begini dok,, uhuk...uhuk...(masih tetep batuk-batuk ya wong belum diobatin, baru ke dokter doang udah gitu pake dites segala sama ni dokter hehehe..), seluruh penerimaan pajak akan langsung masuk ke rekening negara. Sebagaimana kita ketahui, penggunaan uang negara ini kemudian akan diatur dalam APBN. Maka, pengawasan penggunaan pajak sama saja dengan pengwasan APBN, yang salah satunya dapat dilakukan melalui wakil dokter di DPR.”

Si dokter manggut-manggut lagi lalu menukas,

“Ah, saya mah ga percaya sama DPR sih. Kadang saya malu sama orang-orang yan katanya wakil rakyat itu.”

“Hehehe...” (tertawa kecut...ya sebenernya pengen ngebelain beberapa atawa segelintir wakil rakyat yang betul-betul amanah di DPR sana, tapi ya daripada dibilang sok tau mending gue diem aja deh, toh emang banyak juga wakil rakyat yang tidak representatif).

Akhirnya pemeriksaan dokter itu selesai dengan kata penutup yang mendebarkan, “oke deh mas pajak, saya kasih resep yang BAGUS deh biar cepet sembuh.”

Walau terminologi bagus dalam pemahaman gue sama dengan pemahaman WJS Poerwadarminta ketika menyusun Kamus Umum Bahasa Indonesia, di mana bagus artinya elok atau baik sekali tapi gue curiga pemahaman si dokter ini berbeda. Dan kecurigaan gue terbukti ketika di apotek, resep itu bernilai 300 ribu lebih.

Mungkin WJS Poerwadarminta harus menambahkan lagi arti kata bagus di kamus.

Bagus itu mahal.

Maka, setelah berpikir keras dan berdebat keras lagi dengan apoteker untuk minta obat generik, gue pulang dengan langkah gontai. Ada beberapa hikmah yang gue peroleh dari radang tenggorokan ini.

Pertama, sebelum ke dokter siapkan diri kita dengan jawaban atas pertanyaan terhadap slogan-slogan institusi tempat kita bekerja. Paling tidak kuasailah hal-hal umum tentang visi misi kantor kita. Biar ga asal jawab kayak gur tadi, jadi keingetan kata-katanya Roger Bacon (1214-1294) dalam bukunya Opus Magnus itu lho, katanya salah satu sebab kebodohan itu adalah pamer kebijaksanaan untuk menutupi kebodohan. Intinya mah sok tau padahal ga tau atau ga yakin...Hehehe...

Kedua, siapkan mental kita untuk menerima total harga obat dari resep dokter. Apalagi kalau sang dokter udah memberi kata-kata,

“Saya kasih obat yang bagus deh..”

Radang tenggorokan ini telah memberi pelajaran berharga. Di atas motor saat perjalanan kembali ke kantor gue teringet lagu soundtrack sinetron jaman dulu yang judulnya Keluarga Cemara. Untuk nyeneng-nyenengin hati yang rada gelisah, gue mengadaptasi lagu dan bersenandung...

Harta yang paling berharga adalah kesehatan..

Ciawi, 1 November 2008

Tanggal satu di hari sabtu. Awal Bulan tapi belum gajian...

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

4 Response to "Hubungan antara Radang Tenggorokan dan Pajak"

  1. ndoro.ndoni says:
    2 November 2008 pukul 01.33

    wah, sama bob.
    aye juga pas bln romadhon kmarin batuk2 gitu.+bengek keknya.
    hampir sebulan.
    dan sekarang pusing masuk angin semingguan.
    tp gak k dokter.

    sakit itu adanya disini dan disini,,,

  2. Anonim Says:
    29 November 2008 pukul 20.28

    Man... gaya ngomong n nulis lu masih samaaa yaaa...seenggaknya gw bisa liat kl u always use ur brain.
    Gilaa ya, gw iri bgt sama lu.... Skrg gw berasa makin stupid nih gara2 kerjaan gw yang gajinya gede tapi ngga perlu mikir....bikin otak gw santaaai bgt....and stupid
    Ooh... so pathetic of me....

  3. Febi says:
    12 Januari 2009 pukul 23.20

    nama obatnya apa ya? thanks

  4. febriani_rizQi says:
    7 Desember 2009 pukul 04.15

    kata yang ahli pengobatan herbal
    batuk itu ga ada obatnya bob
    yang penting istirahat cukup
    terus kalo batuk berdahak minum air hangat untuk mengencerkan dahaknya

    *telat banget komennya*
    =D

Posting Komentar